Selasa, 03 Mei 2011

laporan prakerin tekhnik komputer dan jaringan ( tkj )

LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DALAM RANGKA PENDIDIKAN SISTEM GANDA
DI
............................................................







logo 
















PROGRAM KEAHLIAN
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN





NAMA                                            NIS
1. ……………………………..           : …………….



SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) MUHAMMADIYAH
AMBON 2010/ 2011






IDENTITAS SEKOLAH
SMK MUHAMMADIYAH AMBON





1. Nama Sekolah                                              : ………………………………………...
2. Status                                                               : ………………………………………...
3. Nama Kepala Sekolah                                : ………………………………………...
4. NIP.                                                                   : ………………………………………...
5. No. dan Tanggal SK Kep. Sekolah          : ………………………………………...
Pejabat yang mengangkat                           : ………………………………………...
6. Nama Ketua Komite Sekolah                  : ………………………………………...
7. Alamat Sekolah
a. Jalan                                                                 : ………………………………………...
b. Desa/Kelurahan                                          : ………………………………………...
c. Kecamatan                                                     : ………………………………………...
d. Kabupaten/Kota                                         : ………………………………………...
e. Provinsi                                                           : ………………………………………...
f. No. Telepon/Fax.                                         : ………………………………………...
g. Kode Pos                                                        : ………………………………………...
h. Website                                                          : ………………………………………...
i. E-mail                                                                : ………………………………………...
j. No. HP Kepala Sekolah                               : ………………………………………...







ii


HALAMAN PENGESAHAN


LAPORAN KEGIATAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)


SMK MUHAMMADIYAH
TAHUN 2010/ 2011


PEMBIMBING PRAKERIN


        Pembimbing                                                      Pembimbing
DU/DI / Instansi                                                       Sekolah


( ……………..……………..)                                ( ……………………..….)
NIP. …………………………                                    NIP. …………………….


MENGETAHUI


                 Kepala                                                                Pimpinan/Direktur
Program Keahlian TKJ                                                      DU/DI / Instans( ……………………)                                                       ( ……………………. )         NIP. ………………..                                                         NIP. …………………


Kepala
SMK MUHAMMADIYAH AMBON





DRS.SAIFUL
NIP. 19681007 199601 1 001


iii
KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat  ALLOH SWT. Yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-nya. sehingga pelaksanaan PRAKERIN   (praktek kerja industri) dapat di laksanakan dengan lancar dan begitu pula penyusunan laporan ini dapat di selsaikan tepat waktu .
Dalam penyusunan laporan PRAKERIN, tidak sedikit hambatan yang penyusun hadapi. Namun penyusun  menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan laporan  ini tidak lain berkat bantuan, dorongan dan bimbingan orang tua, sehingga kendala-kendala yang penulis hadapi teratasi. Oleh karena itu penyusun  mengucapkan terima kasih kepada :

1.      Bapak Drs.Saiful ,selaku kepala sekolah yang telah menberikan kemudahan dalam pelaksanaan PRAKERIN

2.      Bapak Ramli Hasan,Selaku pimpinan Perum BULOG Divisi Regional Maluku Yang telah mengijinkan Perum Bulog sebagai tempat PRAKERIN
3.      Bapak/ibu,Selaku pembinbing yang telah membimbing kami di tempat kerja industry
4.      Ibu selaku pembimbing sekolah yang telah memonitoring dan
membimbing pelaksanaan Prakerin.
5.      Bapak dan Ibu guru SMK MUHAMMADIYAH AMBON
Akhirnya penulis berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin.
Penyusun


ABDUS S. SANGADJI



              iv                                                                                                   


                                                                                                                                                                                      
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL ........................................................................................................ i
IDENTITAS SEKOLAH ...................................................................................................... ii
LEMBAR PENGESAHAN .................................................................................................. iii
KATA PENGANTAR ......................................................................................................... iv
DAFTAR ISI ...................................................................................................................... v

BAB I PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang …………………………………………………..   1
B.   Maksud Dan Tujuan Praktek kerja industri (PRAKERIN)
B.1. Maksud Prakerin  …………………………………………… 2
B.2. Tujuan prakerin    …………………………………………… 2
     C.  Sistematika Penulisan  …………………………………………… 3

BAB II LANDASAN TEORI
A.   Pengertian Teknologi Informasi ………………………………….  4
B.   Pengertian Komputer ……………………………………………..  5
C.   Pengertian jaringan ……………………………………………….  6

BAB III DEKSKRIPSI LOKASI PRAKERIN
A.   Tempat Dan Waktu Prakerin ……………………………………… 8 
B.   Sejarah Singkat …………………………………………………..... 8
C.   Visi Dan Misi …………………………………………………….  10

BAB IV HASIL KEGIATAN DAN PEMBAHASAN
A.   Jadwal Prakerin……………………………………………………. 11
B.   Kegiatan Prakerin …………………………………………………  11

BAB V PENUTUP
A.   Kata Penutup………………………………………………………..12
B.   Saran ……………………………………………………………......12








v
BAB 1
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Praktek Kerja Industri(Prakerin) merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan
pendidikan dan pelatihan bagi para siswa, yang memadukan antara pendidikan
di Sekolah dengan pendidikan di Dunia Industri yang diperoleh dengan
melakukan praktek kerja secara langsung dan terarah untuk menambah
keahlian tertentu. Tujuan utama pendidikan kejuruan adalah mempersiapkan
lulusan untuk dapat bekerja secara mandiri.


   Prakerin sebagai bagian dari pendidikan sistem ganda pada SMK mempunyai peran amat
penting dalam menghasilkan tamatan yang berkualitas.dan setiap siswa smk wajib
melakukanya karena tuntutan dari kurikulum sendiri.agar siswa bisa mengetahui dunia kerja
dan bisa langsung memperaktekkanya.























1

B. Maksud dan Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)

   B.1. Maksud Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)


Adapun maksud dilaksanakannya Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini adalah :

1. Membentuk kemampuan siswa sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja

2. Sebagai pengalaman melatih diri dengan mengkaji konsep-konsep yang
   didapat selama pendidikan sehingga terbiasa dengan lapangan kerja

3. Memperluas dan memantapkan proses penetapan teknologi baru dari
   lapangan kerja ke sekolah maupun sebaliknya;

4. Diharapkan dari hasil penulisan ini nantinya dapat memberikan
   sumbangan pemikiran kepada perusahaan/instansi dalam mengambil
   kebijakan dimasa yang akan dating;


5. Memantapkan sikap professional yang diperlukan oleh siswa dalam
   memasuki lapangan kerja sesuai dengan bidangnya.

B.2. Tujuan Praktek Kerja Industri

Tujuan Praktek Kerja Industri (Prakerin) bagi setiap siswa yang akan
menyelesaikan studinya dari SMK MuhammadiyaH Ambon adalah sebagai berikut :

1. Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga,
   dan memperoleh masukan serta umpan balik guna memoerbaiki dan
   mengembangkan kesesuaian pendidikan dengan kenyataan yang ada di
   lapangan;

2. Menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan
    tuntutan zaman dalam era informasi dan teknologi;

3. Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan pada jurusan
    TKJ;

4. Mengembangkan dan memantapkan sifat profesionalisme yang diperlukan
    siswa untuk memasuki lapangan pekerjaan sesuai dengan bidangnya;

5. Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha yang
    professional dalam lapangan kerja antara lain struktur organisasi, jenjang
    karir dan Teknik.

6. Menperluas pengetahuan dalam dunia industri.




2
                                C. Sistematika Penulisan

  
     BAB I PENDAHULUAN
             
Bab ini membahas tentang Latar belakang, Maksud dan Tujuan
PRAKERIN dan  Sistematika
Penulisan Laporan.

BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini membahas tentang Pengertian Informasi,
Pengertian computer, Pengertian Jaringan.
BAB III DESKRIPSI LOKASI PRAKERIN
Bab ini membahas tentang Tempat dan Waktu pelaksanaan
PRAKERIN, Sejarah singkat Perusahaan/Instansi,
Visi dan visi perusahaan.
BAB IV HASIL KEGIATAN DAN PEMBAHASAN
Bab ini membahas tentang Jadwal dan Kegiatan PRAKERIN,
Masalah dan hambatan yang di hadapi dan Pemecahan Masalah.
BAB V PENUTUP
Bab ini merupakan bab penutup yang berisi Kesimpulan dan Saran,
baik bagi PERUSAHAN/INSTANSI maupun bagi SMK
MUHAMMADIYA AMBON..


























  3

BAB II LANDASAN TEORI
        
A.Pengertian Teknologi Informasi



    Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Teknologi Informasi? Apakah teknologi informasi itu identik dengan komputer? Apakah benar telepon seluler juga merupakan bagian dari teknologi informasi? Pertanyaan-pertanyaan itu sering dilontarkan dan untuk menemukan jawabannya kita perlu memahaminya.
     
       Teknologi Informasi biasa disebut TI, IT (Information Technology) atau Infotech.
 Berbagai definisi teknologi informasi telah diutarakan oleh beberapa ahli, diantaranya.

    Haag den Keen (1996), Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

    Martin (1999), Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras atau lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

    Williams dan Swayer (2003), Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.

    Dari definisi diatas terlihat bahwa teknologi informasi baik secara implisit maupun eksplisit tidak sekedar berupa tekologi komputer, tetapi juga teknologi telekomunikasi. Dengan kata lai, yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan telekomunikasi.







4

B.Pengertian computer

 Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena  luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer. 

1.      Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

2.      Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
1.menerima input
2.memproses input tadi sesuai dengan programnya
3.menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  menyediakan output dalam bentuk informasi.

3.      Sedangkan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.

1.      Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa di jamah.
2.      Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
3.      Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.

     Penggolongan Komputer Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tigal hal: data yang diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya, dan generasinya. Berdasarkan Data Yang Diolah

1.      Komputer Analog
2.      Komputer Digital
3.      Komputer Hybrid

     Berdasarkan Penggunannya

1.      Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
2.      Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
            Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
3.      Komputer Mikro (Micro Computer)
4.      Komputer Mini (Mini Computer)
5.      Komputer Kecil (Small Computer)

5
6.      Komputer Menengah (Medium Computer)
7.      Komputer Besar (Large Computer)
8.      Komputer Super (Super Computer)

    Berdasarkan Generasinya

1.      Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
2.      Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
3.      Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
4.      Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
5.      Komputer Generasi Kelima

    Referensi

1.      V. Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization (5th Edition), McGraw-Hill, 2001.
2.      Robert H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to Information Systems 1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985.
3.      William M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd Edition), Prentice Hall, 1981.

C.Pengertian Jaringan



     Pengertian dari Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. Media jaringan komputer dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi, seperti dokumen dan data, dapat juga melakukan pencetakan pada printer yang sama dan bersama-sama memakai perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, ataupun perangkat-perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan disebut dengan node. Dalam sebuah jaringan komputer dapat mempunyai dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

Tujuan dari jaringan komputer adalah:

 1 .Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
 2. Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
 3. Akses informasi: contohnya web browsing



6

Topologi Jaringan

Topologi jaringan  adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station.

Terdapat 6 jenis topologi yaitu :

1 . Bus
2. Ring
3. Star
4. Extended Star
5. hierarchical topology
6. Mesh

Setiap topologi memuliki karakteristik yang berdeda-beda dan masing-masing juga memiliki keuntungan dan kerugian. Topologi tidak tergantung kepada medianya dan setiap topologi biasanya menggunakan media sebagai berikut

1.      Twisted Pair
2.      Coaxial Cable
3.      Optical Cable
4.      Wireless

























7

BAB III DESKRIPSI LOKASI PRAKERIN
     
A.Tempat Dan Waktu Prakerin

    Prakerin dimulai dan dilaksanakan pada tanggal 16 Pebruari 2011 sampai dengan 04  mei 2011.di lakukan di PERUM BULOG DIVRE MAALUKU.



B.Sejarah Singkat     

BULOG SEBELUM MENJADI PERUM

Jika telusuri, sejarah Bulog tidak dapat terlepas dari sejarah lembaga pangan di Indonesia sejak zaman sebelum kemerdekaan sampai pemerintahan sekarang ini. Secara umum tugas lembaga pangan tersebut adalah untuk menyediakan pangan bagi masyarakat pada harga yang terjangkau diseluruh daerah serta mengendalikan harga pangan di tingkat produsen dan konsumen. Instrumen untuk mencapai tujuan tersebut dapat berubah sesuai kondisi yang berkembang.

 Campur tangan pemerintah dalam komoditas beras diawali sejak Maret 1933 yaitu di zaman pemerintahan Belanda. Saat itu, untuk pertama kalinya pemerintah Belanda mengatur kebijakan perberasan, yaitu dengan menghapus impor beras secara bebas dan membatasi impor melalui sistem lisensi.

 Latar belakang ikut campurnya pemerintah Belanda dalam perberasan waktu itu adalah karena terjadinya fluktuasi harga beras yang cukup tajam (tahun 1919/1920) dan sempat merosot tajam pada tahun 1930, sehingga petani mengalami kesulitan untuk membayar pajak.

 Menjelang pecahnya Perang Dunia II, pemerintah Belanda memandang perlu untuk secara resmi dan permanen mendirikan suatu lembaga pangan. Tanggal 25 April 1939, lahirlah suatu lembaga pangan yang disebut Voeding Middelen Fonds (VMF). Lembaga pangan ini banyak mengalami perubahan nama maupun fungsi. Secara ringkas, perkembangannya sebagai berikut:
 Tugas BULOG semakin bertambah. Komoditi yang dikelola bertambah menjadi gula pasir (1971), terigu (1971), daging (1974), jagung (1978), kedelai (1977), kacang tanah (1979),



8

kacang hijau (1979), telur dan daging ayam pada Hari Raya, Natal/Tahun Baru. Kebijaksanaan Stabilisasi Harga Beras yang berorientasi pada operasi bufferstock dimulai tahun 1970.

 Stabilisasi harga bahan pangan terutama yang dikelola BULOG masih tetap menjadi tugas utama di era 1980-an. Orientasi bufferstock bahkan ditunjang dengan dibangunnya gudang-gudang yang tersebar di wilayah Indonesia. Struktur organisasi BULOG diubah sesuai Keppres No. 39/1978 tanggal 6 Nopember 1978 dengan tugas membantu persediaan dalam rangka menjaga kestabilan harga bagi kepentingan petani maupun konsumen sesuai kebijaksanaan umum Pemerintah.

    Perum Bulog Divre Maluku
Di Bangun Oleh : F.A. TRI DAYA
Mulai di bangun : 23 Maret 1979
Selesai                : 20 Desember 1979
Di Resmikan      : 20 juni 1980
Oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat 1Maluku :
Hasan Slamet















9

C. Visi Dan Misi
  C.1.VISI

Menjadi lembaga pangan yang handal untuk memantapkan ketahanan pangan nasional.




C.2.MISI
  • Menyelenggarakan tugas pelayanan publik untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan kebijakan pangan nasional;
  • Menyelenggarakan kegiatan ekonomi di bidang pangan secara berkelanjutan yang memberikan manfaat kepada perekonomian nasional;
  • Menyelenggarakan kegiatan ekonomi dibidang pangan dan usaha lain secara berkelanjutan dan bermanfaat kepada stakeholders;
  • Menjalankan usaha dalam bidang produksi, pemasaran dan jasa dibidang komoditi pangan guna mendukung program pengembangan hasil pertanian khususnya pangan dan bidang lainnya dengan upaya memaksimalkan produktivitas, efisiensi dan kemampuan menghasilkan laba.



















10



BAB IV HASIL KEGIATAN DAN PEMBAHASAN


A.  Jadwal Prakerin

Hari
Jam Masuk
jam Istrahat
Jam pulang
Minggu
Libur
Libur
Libur
Senin
08.30
12.30
05.00
selasa
08.30
12.30
05.00
Rabu
08.30
12.30
05.00
Kamis
08.30
12.30
05.00
Jum'at
07.15
14.15 
05.00
Sabtu
Libur
Libur
Libur


B.   Kegiatan Prakerin


Kegiatan prakerin sebagai berikut :

1.     Menginstall antivirus smadav
2.     Foto copy
3.     Menginstall windows xp leopard
4.     Install driver
5.     Jilid buku SIM
6.     Menginstall Microsoft office
7.     Ketik data TU Bulog
8.     Menginstall windows 7
9.     Belajar xl











11
BAB V PENUTUP

A.Kata Penutup

      Segala puji bagi Allah pemilik mata air cinta yang tiada pernah kering karena dengan aliran kasih sayangnya Sehingga saya  bisa menyelesaikan laporan ini .Dengan tersusunnya laporan ini berarti telah terpenuhi sebagai tugas dalam rangka menambah nilai tugas prakerin di SMk Muhammadiyah Ambon.
 Saya  menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih belum sempurna dan masih banyak kekurangan-kekuranan.
 Untuk ini pada kesempatan ini tak lupa saya  mohon maaf yang sebesar-besarnya bila dalam penyusunan karya tulis ini masih belum sempurna.

B.Saran
Saran :
1.      Giat belajar
2.      Jangan malu bertannya
3.      Tingkatkan prestasi
4.      Rajin belajar
5.      Jangan pantang menyerah

   
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar